Artikel Kesehatan

Minum Susu Organik Saat Hamil Picu Turunkan IQ Anak

Posting : Senin, 27 Mei 2013

 

bumil

 Ibu hamil yang meminum susu organik sebagai pengganti susu sapi bisa jadi tanpa sadar telah merusak kecerdasan anak mereka. Hal ini karena susu organik tak mengandung cukup yodium seperti yang ditemukan dalam susu, yogurt, dan minyak ikan.

Anak-anak yang kekurangan yodium saat hamil diketahui berisiko 60 persen lebih besar memiliki IQ yang rendah dan kemampuan membaca yang buruk pada usia delapan dan sembilan tahun. Hal ini tentunya bisa mempengaruhi prestasi anak di sekolah.

Penelitian ini merupakan yang pertama kali melihat efek kurangnya yodium pada perkembangan otak janin pada ibu hamil. Yodium diketahui membantu produksi hormon yang dibuat oleh kelenjar typhoid dan berpengaruh terhadap perkembangan otak janin.

Hasil ini ditemukan peneliti dari Surrey dan Bristol Universities setelah mengukur kadar yodium pada sampel urin yang diambil dari 1.040 wanita saat tiga bulan pertama kehamilan. Dua per tiga wanita diketahui kekurangan yodium. Anak-anak yang mereka lahirkan diketahui memiliki nilai paling rendah dalam IQ verbal, akurasi membaca, dan tes kemampuan membaca, jika dibandingkan dengan anak-anak dari ibu yang mencukupi tingkat yodium mereka.

"Penelitian kami jelas menunjukkan pentingnya memenuhi asupan yodium selama awal kehamilan. Penelitian ini juga menekankan risiko yang dihadapi anak jika ibu kekurangan yodium saat hamil," ungkap Profesor Margaret Rayman, seperti dilansir oleh Daily Mail.

Meski begitu, asisten peneliti Dr Sarah bath menjelaskan bahwa ibu harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan yang mengandung yodium. Jangan sampai kekurangan asupan yodium ataupun kelebihan yodium saat hamil, karena keduanya bisa merusak kesehatan bayi.


Sumber: merdeka.com

Alamat Rumah Sakit

RSUD Lubuk Basung
Jl. Dr. M. Hatta, Padang Baru, Lubuk Basung, Kab.Agam
Telp. (0752) 76017, Fax. (0752) 76013

Cari Dokter

Spesialis :
Nama :

Konsultasi